Sejuta Manfaat Buah Manggis dan Kulitnya


Sejuta Manfaat Buah Manggis dan Kulitnya | Buah manggis atau buah yang memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana, adalah pohon buah yang ­tumbuh diwilayah tropis. Pohon ­manggis sudah diyakini sebagai pohon asli dari Indonesia, namun kini juga banyak tumbuh di beberapanegara kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand , dan Vietnam. Selain tumbuh diwilayah Asia Tenggara pohon ini juga tumbuh di beberapa wilayah Afrika loh...

Buah manggis yang berwarna Ungu ini, sering dikatakan sebagai ­buah eksotis Indonesia, bahkan dibilang juga sebagai ratunya buah tropis, karena memiliki kelopoak pada bagian atas buah yang menyerupai mahkota.

Buah manggis terdiri dari tiga ­bagian utama:

1. Kulit keras yang merupakan bagian terluar yang berwarna ungu

2. Daging berwarna putih yang dapat dimakan

3. Biji yang terbungkus daging.

Biji buah rasanya sangat pahit *pernah cicip , sementaradagingnya memiliki aroma dan ­tekstur yang lembut dengan rasa yang asam manis . Kulit terluar atau kulit buah manggis (pericarp) ­agak keras , namun dapat dibuka dengan mudah.

Jika biji manggis deangan rasanya yang pahit sehingga tak bisa dimakan, namun sekarang kulit buah ­manggis yang keras ini banyak dijual sebagai produk ­ekstraksi yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam kanker.

Menurut penelitian, bahwa jus ekstrak kulit buah manggis mengandung senyawa xanthone yang sudah dipercaya sebagai antioksidan yang berkhasiat.

Kandungan Gizi buah Manggis: Selain kulitnya yang lagi trend sekarang, buah manggis juga menguntungkan karena memiliki‑nilai gizi yang cukup tinggi loh !Selain sebagai buah yang lezat, manggis adalah buah yang termasuk meiliki sumber yang kaya serat dan karbohidrat yang tinggi. Kandungan tinggi ­yang ada dalam buah tropis ini "adalah vitamin A, vitamin C, zat ­besi, kalsium dan kalium.

Buah ini juga merupakan buah dengan sumber ‑vitamin B kompleks yang cukup tinggi, diantaranya seperti thiamin , niacin dan asam folat.

Vitamin ini berfungsi sebagai kofaktor yang membantu tubuh ­untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Bahkan yang perlu anda ketahui, Satu cangkir buah manggis sajian kalengan dapat menyediakan 143 kalori . Buah manggis juga terkenal paling banyak memiliki sumber ­xanthones(terutama kulitnya) , ­dari pada xanthone dari sumber lainnya .

Adapun khasiat dari Buah Manggis sebagai berikut :

1 .Antioksidan

Penelitian ilmiah sudah membuktikan bahwa Manggis ini mengandung senyawa polifenol alami yang dikenal dengan xanthones . Perlu anda ketahui bahwa, ada dua jenis xanthones yang terdapat dalam buah ini yaitu alpha dan gamma.

Xanthone dan turunannya ini telah terbukti memiliki beberapa khasiat, "seperti anti inflamasi, serta obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Senyawa Antioksidan ini memiliki sifat dasar untuk meregenerasi sel yang telah rusak oleh radikal bebas, sehingga efeknya dapat memperlambat penuaan dini, menangkal berbagai penyakit "degeneratif serta kerusakan fisik & mental.

2 . Rendah Kalori

Diet Diet dan Diet, atau dikenal dengan cara menurunkan berat badan. Buah manggis sangat rendah kalori ( 63 kalori per 100 g ), serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Dan hebatnya, manggis ini juga kaya akan serat ( 100 g menyediakan !sekitar 13 % dari nilai kebutuhan‑harian disarankan). Sehingga buah ini juga sangat penting bagi individu yang peduli denganberat badan berlebih.

3.Vitamin C

Manggis kaya akan vitamin C , mengandung sekitar 12 % dari total kebutuhan harian disarankan per 100g buah. Menjadi air yang kuat anti oksidan larut. Vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga virus penyebab flu dan demam akan menyingkir dari tubuh kita. ­Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas berbahaya.

Oleh karena itu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan perlawanan terhadap penyakit.Vitamin C dalam buah manggis juga efektif terhadap katarakn, yaitu dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata!.1000mg dosis Vitamin C per hari dikatakan efektif untuk membatasi katarak dan meningkatkan penglihatan.

4. Folat

Folat yang juga ditemukan dalam buah manggis memainkan peran penting dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh dan perkembangan janin. Sehingga buah manggis juga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan, dan sekaligus akan melindungi bayi dari cacat tabung syaraf.

5 . Melancarkan aliran darah

Bantu Manggis juga mempromosikan pembentukan sel darah merah, sehingga berkhasiat untuk mencegah "anemia”. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk meningkatkan aliran darah dengan jalan membantu pelebaran pembuluh darah. Hal ini yang akan membantu melindungi kita dari berbagai penyakit seperti aterosklerosis , kolesterol , jantung, darah tinggi dan nyeri dada yang parah .
6 . Mengurangi Kolesterol

Diet kaya manggis akan sangat membantu mengurangi tingkat kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga dapat membantu untuk mengontrol "tingkat trigliserida, untuk kerja ­organ hati manusia yang tepat.”

7 . Tuberkulosis

Buah manggis juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, serta sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian dapat membuat tindakan penghambatan terhadap bakteri berbahaya, dan efektif untuk pasien yang menderita TBC .

8 . Kanker

Haduhh jadi merinding nih kalo denger kata-kata ini, Kanker,.. Tapi tenang, antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis dapat membantu mencegah kanker dan beberapa penyakit kardiovaskular. Seperti dikatakan sebelumnya, manggis adalah ­sumber kaya akan antioksidan kuat xhantone alami, yang dapat membantu melawan kanker.

9 . Tekanan darah

Manggis mengandung jumlah mineral yang tinggi , seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium dalam manggis akan memberikan perlindungan terhadap stroke ­dan penyakit jantung korone, karena merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

10 . Anti inflamasi

Manggis mengandung sifat anti inflamasi, sehingga sangat berkhasiat bagi orang yang sakit linu akibat radang. Mengkonsumsi manggis dua sampai tiga kali sehari akan membantu untuk meringankan rasa sakit akibat peradangan.

11 . Alzheimer

Manggis sangat efektif untuk mencegah dan menghambat penyakit Alzheimer. Penyakit ini ­disertai dengan gejala seperti bingung dan kesulitan dalam mengingat sesuatu. Biasanya didertita oleh para kaum manula dan umumnya sangat mengganggu pasien dan orang disekitarnya.

Selain manfaat itu, manggis juga bermanfaat bagi kecantikan kulit anda, baca dan simak..

Khasiat manggis untuk kecantikan dan Kulit

1. Jerawat

Manggis memiliki sifat antibakteri dan senyawa ­antimikroba alami, yang sangat efektif dapat mengobati berbagai masalah umum pada "kulit seperti Jerawat , noda hitam"kulit , kulit berminyak dan kulit kering.

2. Perbaikan sel

Senyawa xanthon­dalam kulit manggis adalah yang tertinggi, ini juga dapat memperbaiki dan melindungi sel dalam tubuh. Dengan demikian, kulit akan selalu terjaga kesehatannya untuk menjaga penampilan segar dan awet muda.

3. Berat badan

Manggis akan membantu untuk mencegah kenaikan berat badan, yaitu dengan cara membantu membakar lemak . Xanthones dalam kulit manggis juga membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga rendahnya kandungan lemak dan kalori manggis

4. Penyakit gusi

Manggis juga dapat bertindak melawan penyakit gusi yang dikenal sebagai periodontitis. Gel manggis dapat membantu untuk menyembuhkan masalah pada gusi.

5. Menstruasi

Manggis bisa berkhasiat mengurangi gejala ­PMS(sindrom selama menstruasi), seperti pusing, perubahan !mood , hipertensi , dll. Ramuan !akar manggis telah lama diyakini dapat mengatur menstruasi.

6. Anti Penuaan

Penuaan muncul karena oksidasi­ Antioksidan seperti katekin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau membantu untuk memerangi radikal bebas). Oleh ­karena itu, mulai mengkonsumsi manggis untuk terlihat lebih muda.

7. Meningkatkan energi

Buah ini ‑juga dapat membuat kita merasa‑segar dan berenergi sepanjang hari. Nutrisi yang terdapat akan ­membantu terlihat lebih segar dan awet muda, dan memberikan dorongan energi.

8. Infeksi virus

Xanthone dalam manggis memiliki kemampuan alami untuk menyerang infeksi ­jamur dan virus. Sehingga juga membantu untuk menyingkirkan karsinogen tertentu yang menyerang kulit Anda .

Peringatan:­Jus kulit manggis bisa membuat "kulit akan terasa lebih kencang”, namun bagi Ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi nya. Hal ini mungkin bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Nahh Mungkin ini sedikit informasi yang dapat Ardi Tips Healthy sampaikan, selamat mengonsumsi Buah Manggis dan rasakan khasiat kebaikannya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel