Bahaya Dan Efek Buruk Jengkol


Keyword : Bahaya dan Efek Buruk Jengkol, Bahaya Jengkol, Efek Buruk Makan Jengkol, Bahaya Makan Jengkol, Efek Makan Jengkol, Sisi negatif Jengkol

Bahaya Dan Efek Buruk Jengkol | ^^Siapa sih yang tak kenal sayuran ini? Yap, Saya yakin seluruh Indonesia pun tahu sayur ini, Jengkol

Jengkol merupakan makanan yang sangat lezat yang terkadang membuat kita berlebihan saat memakannya. Sayuran ini sanagt indentik dengan aroma khas yang menyengat. Tentu saja orang yang makan jengkol tak bisa lepas dari bau mulut ini. Teradang juga ini yang membuat kita tidak pede alias Percaya Diri saat berbicara di depan umum.

Tapi jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati jengkol dan menghilangkan baunya dengan cara dimasak.

Tapi tahukah anda, bahwa selain menimbulkan bau yang tidak sedap ada beberapa efek buruk yag disebabkan oleh jengkol ini pada tubuh kita. Namun sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa itu jengkol.

Jengkol adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari kedelai dan kacang hijau. Protein sendiri berfungsi mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh, membentuk jaringan baru dan berperan dalam sistem hormon serta berfungsi membentuk kecerdasan otak anda. Jengkol juga mengandung zat besi yang diperlukan tubuh sebagai pembentuk hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbondioksida.

Jika Anda kekurangan zat besi maka tubuh akan merasa lemas, letih lesu dan pucat sehingga anda jadi malas untuk beraktifitas. Selain itu, jengkol juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor, tentunya kandungan dalam jengkol ini sangat baik untuk kesehatan tulang agar terhindar dari tulang keropos.

Jika Anda membaca uraian di atas Anda, pasti akan tersenyum bahagia karena melihat begitu banyak manfaat jengkol bagi kesehatan anda.

Tapi ingat! Jangan bangga dulu. Seperti yang saya bilang, mengonsumsi jengkol juga memiliki sisi negatif. Orang-orang yang mengonsumsi jengkol mengaku tubuhnya menjadi sakit-sakit sehari setelahnya.

Tidak hanya itu, masuh ada sedikit bahaya makan jengkol, simak ulasannya:

1. Masalah yang paling jelas dan langsung terasa saat mengonsumsi jengkol adalah baunya yang menyengat. Bahkan bau jengkol juga terbilang susah dihilangkan meskipun Anda telah menyikat gigi. Anda bisa membacatips menghilangkan
bau jengkoluntuk menghilangkan baunya setelah makan jengkol.

2. Bahaya makan jengkol yang bisa dibilang serius adalah adanya asam jengkolat yang dapat menyebabkan jengkolan. Penyakit jengkolan biasanya diawali dengan rasa
nyeri pada pinggang, kemudian disusul dengan rasa nyeri dan melilit. Penderita jengkolanbiasanya akan mengalami susah buang air kecil, kalaupun bisa biasanya hanya sedikit-sedikit dan disertai rasa sakit. Pada kondisi yang lebih parah, saluran kencing bisa tersumbat dan tak bisa buang air kecil.

Sebenarnya penyakit yang diakibatkan karena terlalu sering makan jengkol ini dikarenakan adanya asam jengkolat yang terdapat pada buah jengkol. Asam jengkolat adalah struktur yang mirip asam amino(pembentuk protein) tetapi tidak dapat dicerna. Oleh karena itu asam jengkolat dapat menjadi kristal yang dapat merusak pembuluh darah.

Dalam jangka panjang asam jengkolat dapat membentuk batu ginjal sehingga menyebabkan kencing batu. Ketika makan jengkol sebaiknya hindari minum jus jeruk karena akan mempercepat terjadinya asam jengkolat ini.

Disarankan untuk perbanyak minum air putih ketika makan jengkol sehingga mencegah
terjadinya jengkolan.

Nah inilah sedikit rangkuman dari Bahaya dan Efek Buruk Mengonsumsi Jengkol. Semoga anda hidup sehat selalu dan Salam Ardi Tips Healthy

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel